TIGA PRINSIP FBI AJARKAN ORGANISATOR


Organisasi atau bisa disebut dengan sebuah perkumpulan, dimana dalam perkumpulan ini tertulis sebuah garis struktur yang mengikat dan semua individunya mempunyai tujun yang sama. Hal ini selaras dengan apa yang di katakan oleh John Lock, menurut dia organisasi adalah serangkaian individu yang membentuk sebuah kelompok dan mempunyai tujuan yang sama.

Dalam berorganisasi tak sedikit kita temukan masalah-masalah baik masalah internal maupun external. masalah-masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor, akan tetapi hanya ada satu faktor yang paling dominan dan sangat berpotensi dalam hancurnya sebuah organisasi, yakni faktor individu yang mengkomandoi bagian-bagian pada struktur organisasi tersebut.

FBI (federal berneu investigation), salah satu organisasi besar yang visi utamanya adalah keamanan dan ketertiban hukum telah mengajari kita bagaimana orgnisasi itu bisa eksis dan bisa meraih tujuan (visi) dari organisasi yang diikutinya.

Secara lugas, konkrit dan jelas; inilah tiga prinsip yang di ajarkan oleh FBI kepada organisator dan terpampang jelas pada logo FBI. Prinsip yang pertama adalah FIDELITY (kesetiaan), yaitu kesetian terhadap organisasi yang diikuti dengan benar-benar menjaga dan konsisten dalam organisasinya. Prinsip yang kedua adalah BRAVERY (keberanian/ketegasan), yaitu ketegasan dalam pengambilan kebijakan ataupun dalam tindakan terhadap sesuatu yang kontradiktif dengan organisasi yang diikuti. Dan untuk prinsip yang terakhir adalah INTEGRITY (kesatuan/kekompakan), yaitu rasa kekeluargaan yang mengikat antar anggota organisasi.

Jika tiga prinsip yang telah disebutkan diatas mampu di-nyata-kan oleh pengelola organisasi (perindividu), maka dijamin organisasi tersebut akan berjalan efektif serta sesuai dengan visi dan misi yang junjungngnya. Jika tak percaya, silahkan buktikan sendiri. (Meski sebenarnya organisasi tak se-sederhana catatan ini).

24 Desember 2011


No comments:

Post a Comment