JANGAN PUAS, KATA STEVE JOBS


Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. As with all matters of the heart, you’ll know when you find it. And, like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on. So keep looking until you find it. Don’t settle.”

-Steve Jobs-


“Pekerjaan Anda akan mengisi sebagian besar hidup Anda , dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang Anda yakini adalah pekerjaan besar . Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang Anda lakukan . Jika Anda belum menemukannya , teruslah mencari . Jangan puas . Seperti dengan semua masalah hati , Anda akan tahu bila Anda telah menemukannya . Dan , seperti hubungan yang hebat , itu hanya akan lebih baik dan lebih baik seperti tahun-tahun bergulir . Jadi, teruslah mencari sampai ketemu . Jangan puas . " Steve Jobs

Pesan Steve Job tadi merupakan sebuah peringatan bagi kita, bahwa kita hidup tidak akan langsung mengetahui potensi kita. Kita tidak akan langsung tahu apa sebenarnya skil terpendam kita miliki. Kita harus mencarinya, higga suatu saat yang kita mempunyai waktu yang berbeda, potensi itu akan kita rasakan dan kita yakini.

Bagaimana cara kita untuk mengetahui potensi itu, lakukanlah semua hal yang kita anggap besar. Jika sudah, apakah kita mencintai hal tersebut, jika kita senang dengan mengerjakan hal besar yang kita cintai tersebut maka itulah potensi kita.

Memang tak mudah menentukan mana yang kita anggap besar dan tidak, juga menentukan mana yang kita cintai atau tidak. Adalah hati atau keyakinan yang mengetahu itu, maka semuanya ditentukan oleh diri kita sendiri, apakah itu hal besar dan apakah itu hal yang kita cintai.

Tak selesai sampai disana, ketika kita sudah mengetahui hal yang merupakan potensi bagi kita maka langkah selanjutnya adalah bagaimana kita memupuk potensi tersebut hingga menjadi sesuatu yang lebih besar lagi untuk hidup kita. Menjadikannya sebuah pijakan untuk kita melangkah ke hidup yang lebih baik tentunya. Jangan sampai dengan potensi tersebut kita justru menyalah-gunakannya.

Begitu mungkin maksud Steve Job. Hidup adalah mencari potensi diri, kemudian meyakininya, kemudian dengan potensi itu kita meraih sesuatu yang besar untuk hidup kita. Dengan catatan “Jangan menyalah-gunakan potensi yang kita miliki”, bawa ia pada hal-hal positif untuk kita, lingkungan kita dan seterusnya. Dan jangan puas untuk yang sudah kita raih, raihlah yang lebih besar lagi. DON’T SETTLE.

11 April 2015

No comments:

Post a Comment